Mukadimah – Tafsir Al Qur’an Al Muyassar

Posted on May 20, 2011 by admin 5 Comments

Segala puji hanya bagi Allah, kepada-Nya kita memuji, memohon pertolongan dan memohon ampunan. Dan kepada-Nya pula kita berlindung dari kejahatan-kejahatan jiwa kita dan kejelekan-kejelekan amalan kita. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada seorang pun yang bisa menyesatkannya. Danbarangsiapa yang disesatkan oleh Allah, maka tidak ada seorangpun yang bisa memberikan petunjuk kepadanya.

Kami bersaksi, bahwasanya tidak ada ilah yang haq untuk disembah kecuali Allah, dan kami bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-sebenar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan benar-benar menyerahkan diri kepada Allah (muslimun).” (QS. Ali Imran: 102).

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya, dan dari pada keduanya Allah mem per kembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan ber takwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.” (QS. An- Nisa’: 1).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا ,يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenagan yang besar.” (QS.Al-Ahzab: 70-71).

Di hadapan para pembaca ini adalah sebuah buku tafsir, yang kami terjemahkan dari kitab at-Tafsir al-Muyassar terbitan dari Mujamma’ al-Malik Fahd Lithiba’ah al-Mushhaf asy-Syarif—Lembaga yang  berkedudukan di Madinah al-Munawwarah—yang telah mencetak jutaan Mushhaf al-Qur`an beserta terjemahnya ke dalam berbagai bahasa dunia untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Terkhusus at-Tafsir al-Muyassar ini, sudah banyak pujian dan sanjungan terhadap buku ini, baik dari kalangan thullab ‘ilm (penuntut ilmu syar’i) maupun dari kalangan para ahli tafsir. Betapa tidak, tafsir ini dikerjakan oleh beberapa pakar tafsir, di antaranya Dr. Hikmat Basyir, Dr. Hazim Haidar, Dr. Musthafa Muslim, Dr. Abdul Aziz Ismail.

Selanjutnya hasilnya dikirim kepada beberapa ulama untuk ditelaah secara mendalam lagi, tak kurang Syaikh Bakr Abu Zaid turut menjadi peneliti dalam proyek penulisan tafsir ini.

***

Yang kami sajikan kepada para pembaca ini, adalah terjemah dari at-Tafsir al-Muyassar yang kemudian kami lengkapi dengan berbagai tambahan yang berhubungan dengannya, sebagai nilai tambah untuk buku ini. Maka tidak salah bila disebut dengan tafsir plus, mengingat begitu banyak tambahan yang kami berikan kepada para pembaca sekalian. Kelengkapan itu kami susun sedemikian rupa hingga memudahkan kepada para pembaca untuk memanfaatkannya. Di antaranya;

1. Fadhaail Shuwar al-Qur`an al-Karim, karya Syaikh Ali bin Abdullah asy-Syahri.

Sengaja buku kecil ini kami sertakan dalam kitab tafsir ini mengingat betapa pentingnya kita mengetahui tentang keutamaan-keutamaan surat-surat dalam al-Qur`an, khususnya yang berdasarkan kepada nash yang shahih.

2. Mushhaf al-Qur`an al-Karim.

Tidak seperti jamaknya buku-buku tafsir yang beredar di Indonesia, yang biasanya memenggal ayat-ayatnya satu persatu, dalam buku ini kami sajikan ayat al-Qur`an dalam satu halaman penuh, sesuai dengan halaman aslinya, sehingga bisa difungsikan sebagaimana mushhaf biasa, karena bisa dibaca sebagai mushhaf biasa, tanpa harus terpenggal tiap ayatnya.

3. Terjemah al-Qur`an Bahasa Indonesia.

Terjemah ke dalam Bahasa Indonesia ini kami sesuaikan dengan al-Qur`an Terjemah Bahasa Indonesia yang diterbitkan Mujamma’ al-Malik Fahd. Yaitu al-Qur`an terjemah yang biasa dibawa oleh para Jemaah haji sepulangnya dari ibadah haji.

4. Terjemah al-Qur`an Bahasa Inggris.

Demikian pula dengan terjemahan ke dalam Bahasa Inggris ini, kami ambilkan dari terjemahan Mujamma’ al-Malik Fahd yang diterjemahkan oleh Dr. Muhammad Muhsin Khan dan Dr. Muhammad Taqiuddin al-Hilali, Ph.D.

5. Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul, karya Jalaluddin asy-Syuyuthi.

Mengingat karya Imam Jalaluddin asy-Syuyuthi ini adalah karya yang paling diperhitungkan dalam asbabun nuzul, maka karya beliau inilah yang kami sertakan dalam tafsir ini. Dalam penyajiannya kami upayakan sebisa mungkin untuk menyertakan asbabun nuzul ini di halaman yang berkaitan dengan ayat yang sedang ditafsirkan sehingga memudahkan para pembaca untuk mencari tautan kepada ayat yang dimaksud.

Selanjutnya, masih ada lagi yang unik dalam kitab tafsir ini; cara penyajiannya. Untuk memudahkan pembaca, sengaja setting atau lay-out kami buat sedemikian rupa, sehingga pembaca mendapatkan kenyamanan saat menelaah isi kitab ini. Khususnya keterpautan antara ayat, tafsir dan terjemahnya baik dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, serta asbabun nuzul ayat yang dimaksud. Silakan lihat sampel yang kamis ertakan dalam menu download atau sampel.

Mengenai kelebihan tafsir ini dibanding dengan tafsir-tafsir sekelasnya, dijabarkan secara panjang lebar oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Bin Muhammad Alu asy-Syaikh, Menteri Urusan Keislaman, Waqaf, Dakwah dan Bimbingan Kerajaan Saudi Arabia, dalam Mukadimah yang beliau tulis untuk kitab tafsir ini. Dan dengan mengucap rasa syukur kepada Allah Ta’ala, kami—dengan segala keterbatasan yang ada pada kami—berusaha untuk menghadirkan kitab ini di hadapan para pembaca sekalian. Dan itu tidak lain adalah usaha kami untuk ikut andil dalam menyebarkan as-Sunnah di tengah kaum muslimin, khususnya yang berada di Indonesia. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, para shahabatnya dan siapa yang mengikuti jejak mereka dengan benar.

5 Comments

  1. aris
    1174 days ago

    suwar atau shuwar dengan shaad atau siin. lihat no. 1 di atas.

    Reply

  2. sariman
    1172 days ago

    Semoga bermanfat buat khusunya dan semua umat silam pada umumnya amien

    Reply

  3. sariman
    1172 days ago

    Semoga bermanfaat buat saya khsusunya dan umat islam umumnya amien

    Reply

  4. abdul hamid
    1092 days ago

    Trims atas penjelasannya.tapi bagaimana cara men-donwload tafsir tersebut?
    Wassalam.

    Reply

    • admin
      970 days ago

      Untuk dowmload silahkan klik button download sampel tafsir almuyassar di sebelah kanan atas jazakallahu khair

      Reply

Post a Comment

Your email is never published or shared. Required fields are marked *